04/07/12

Ciri Backlink Berkualitas

Ciri Backlink Berkualitas :
dapat agan gunakan sebagai acuan memilih backlink sebagai upaya meningkatkan traffic blog agan. Pemilihan, penggunaan dan penempatan backlink yang tepat akan dapat lebih memudahkan search engin dalam melakukan crawler blog agan. Backlink yang berkualitas akan meningkatkan popularitas dari situs yang agan kelola. Banyak sekali tips dan trik cara-cara meningkatkan popularitas sebuah situs dan salah satunya adalah dengan menggunakan backlink ini. Dengan mengunakan backlink berkualitas, maka lambat laun pagerank situs atau blog agan akan merangkat naik.


Pemasangan backlink sebagai upaya untuk meningkatkan popularitas sebuah situs harus memperhatikan bagaimana posisi backlink yang agan pasang. Nah,,, dalam hal ini agan perlu mengatahui bagemana ciri-ciri backlink baerkualitas tersebut. Baiklah gan, dalam pustaka pribadi ane, disini ane ingin memberikan sedikit info mengenai ciri backlink berkualitas. Pada dasarnya, backlink yang dapat digunakan ada dua macam, yaitu One Page Seo dan Off Page Seo yang mana keduanya memerankan peranya masing-masing sebagai penggerak situs agan.

On Page SEO. Yang termasuk kategori ini adalah optimasi pada laman/posting web/blog kita. Manfaatkan format bold (cetak tebal), garis miring atau garis bawah, pemberian warna teks, dan penggunaan internal link. Internal link bisa dibuat menautkan postingan satu dengan yang lainnya. Misal : Tips Menulis Posting yang Disukai Google terkait dengan Tips Posting yang Baik dan sebaliknya.

Off Page SEO. Untuk yang satu inilah peran Backlink sangat diperlukan dalam SEO. Selanjutnya adalah bagaimana cara kita untuk mencari backlink berkualitas, bukan sembarang backlink. Carilah backlink berkualitas yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

1. Anchor Text
Anchor text yang kita sisipkan usahakan serupa dengan nama domain kita. Terlebih lagi sama dengan keyword web/blog. Dan yang lebih penting lagi adalah gunakan anchor text yang sama untuk setiap backlink yang kita buat guna memudahkan spider search engine menganalisa web/blog kita saat melakukan crawling.

2. Penempatan Backlink
Penempatan backlink yang berkualitas biasanya pada sidebar, isi posting, footer web/blog. Terlebih pada sidebar dan footer, karena setiap halaman web/blog yang kita tanam backlink (sidebar/footer) akan selalu nampak. Bayangkan kalo web/blog tersebut memiliki 300 halaman, gak usah dibayangkan. Hehe...
Penanaman backlink pada post comment juga merupakan salah satu upaya mendapatkan backlink berkualitas. Namun perlu agan ketahui, penanaman backlink pada situs yang belum memiliki rating yang tinggi kemungkinan backlink agan tercatat kecil, jadi koment pada website yang telah memiliki rating yang tinggi sangat recomended gan. 

3. Backlink Dofollow
Backlink dofollow adalah backlink yang kita taruh pada blog lain yang memungkinkan blog kita akan ditelusuri oleh spider search engine saat mengcrawl blog lain tersebut. Sangat berbeda dengan backlink nofollow, search engine tidak akan melakukan penelusuran pada backlink blog yang kita taruh di dalamnya.

4. One Way Backlink
One way backlink adalah backlink satu arah yang mengarah pada blog kita. Seperti wikipedia.org. Banyaknya link yang mengarah ke wikipedia.org menjadikannya langganan crawling spider search engine perwaktunya. Bila blog kita bagus, ada kemungkinan besar postingan kita akan dijadikan sumber referensi oleh blog lain untuk mendapatkan one way backlink, nah dengan banyaknya situs yang menggunakan URL referensi dari blog kita, maka akan memperkuat posisi blog kita, karena secara tidak langsung kita telah menanamkan sebuah secklink di sebuah situs.

5. Tema yang Konsisten
Adalah backlink pada halaman web/blog yang memiliki tema atau topik yang sama dengan web/blog kita, sehingga relevan. Relevansi tama yang kita pasangkan dengan website tujuan kita akan memperkuat SEO dan kualitas backlink kita.

Demikianlah beberapa tips dan trik tentang Ciri Backlink Berkualitas yang dapat ane bagikan untuk agan disini. Semoga bermanfaat buat agan dan semakin bersemangat dalam melakukan blogging.


Baca Juga :

3 komentar:

  1. Backlink dofollow itu saya rasa backlink yang bener-bener berkualitas. :D

    BalasHapus
  2. backlink relevan adalah backlink yang berkualitas, yang sulit itu membangunnya ya

    BalasHapus