10/11/12

Penulisan Alamat Surat

Penulisan Alamat Surat :
dalam surat yang bersampul sangatlah penting bagi kelancaran informasi surat tersebut. Cara penulisan alamat surat yang jelas akan mempermudah dalam pengiriman atau penyampaian surat kepada si penerima. Ketidak jelasan dan kekeliruan dalam penulisan alamat surat akan berakibat fatal dengan kesalahan pengiriman atau bahkan tidak sampainya surat, sehingga waktu yang telah seharusnya dapat kita maksimalkan terbuang percuma.

Cara penulisan alamat surat haruslah menggunakan tata bahasa yang baik, tidak perlu menggunakan bahasa-bahasa singkatan, bahasa daerah (bersifat kedaerahan) atau bahasa gaul (bahkan alay). Pengguanaan bahasa-bahasa yang kurang tepat justru akan membingungkan petugas dalam menyampaikan surat.  Dalam hal ini sebaiknya pergunakanlah tata bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan EYD. Nah, bila bahasa dalam penulisan alamat surat telah dibuat konsepanya dengan benar, selanjutnya adalah memposisikan penulisan alamat surat yang tepat. Alamat surat atau alamat yang dituju dapat dituliskan pada salah satu dari dua pilihan berikut:

1   Pada halaman muka sampul dibagian tengah (gb. 1)

2   Pada halaman muka sampul, pada sudut kanan atas (gb. 2)

Sedangkan untuk pengirim surat dapat dituliskan pada:

1   Halaman muka sampul, pada sudut kiri atas (gb. 1)

2   Halaman muka sampul, pada sudut kiri bawah (gb. 2)

3   Halaman belakang sampul bagian tengah (gb. 3)


(gb. 1)


(gb. 2)

(gb. 3)
 

Nb: Bila sampul surat yang digunakan merupakan format surat resmi dan telah menggunakan kepala surat, maka alamat pengirim surat tidak perlu dicantumkan lagi.

Ping Blog

Baca juga:
Jenis Lipatan Surat
Sistem Penyimpanan Arsip

3 komentar:

  1. Bagaimana unt penulisan Nama orang yg berkeluarga? Misal Agus, Kepada Yth Agus dan Keluarga atau Kepada Yth Keluarga Agus?

    BalasHapus
  2. Sebaiknya dengan nama terang terlebih dahulu (Agus dan keluarga) agar lebih mudah dikenali, baik oleh pak pos ataupun warga sekitar (jika bertanya) hehe.
    Mf baru buka2 blog lg. :)

    BalasHapus
  3. Sinau Online: Penulisan Alamat Surat >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sinau Online: Penulisan Alamat Surat >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sinau Online: Penulisan Alamat Surat >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus