23/05/12

Cara Menghilangkan Double Posting

Cara Menghilangkan Double Posting :
Setelah sekian lama ane terlelap dalam kegalauan hanya gara-gara tampilan blog ane yang kurang menarik karena adanya double post pada blog ane. Double post ini terjadi mungkin gara-gara ane sering gonta ganti tamplate, iseng-iseng aja pengen mempercantik tampilan blog ane, eh ga taunya malah timbul masalah. Ane coba ganti lagi tamplate semula tetapi tetep aja terdapat double post. Ane juga coba mengembalikan tamplate ke default masi sama aja ada double post. Selama itu pula ane mencari-cari solusi bagemana cara menghilangkan double posting pada blogspot, karena ane makenya blogspot, hehehe. Banyak solusi yang ditawarkan oleh para webmaster, namun masih saja belum dapat mengatasi problem yang ane hadapi. Saran dari para blogmaster diantaranya adalah dengan menghapus beberapa script yang menyusun sebuah blog. Caranya tidak sulit, tinggal login aja ke blog agan lalu masuk ke Setelan ==> Edit HTML

Namun sebelum agan melakukan editing pada tamplate agan, alangkah lebih baik apabila agan mem-backup skript tamplat agan, atau sebelumnya download tamplate agan terlebih dahulu untuk menghindari adanya kesalahan edit pada halaman HTML agan.

Inilah tampilan awal saat agan masuk ke halaman HTML


Setelah agan masuk kedalam halaman edit HTML tersebut, jangan melakukan tindakan apapun sebelum agan mencentang Expand Tamplate Wiget yang terletak pada bagian atas kotak edit HTML, seperti ada gambar berikut:

Tujuan mencentang Expant ini adalah agar semua script wiget yang telah agan buat dapat ditampilkan. Setelah agan mencentang expend, silahkan agan cari scriptnya. Ada dua script yang menampilkan postingan agan.

Biasanya posting blog yang utama scripnya seperti ini
< b :widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
Sedangkan yang merupakan duplikat scripnya seperti ini
< b :widget id='Blog2' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>

Mungkin agak susah apabila agan mencari script ini secara manual, untuk mempermudah dalam pencarian silahkan klik CTRL+F agar kotak dialog muncul untuk mempermudah dalam pencarian.

Inilah tampilan saat script telah ditemukan.
Hapus script yang dan seterusnya sampai pada script :

<b:include name='quickedit'/>
< /b:includable>
</b:widget>


Setelah agan menghapus script tersebut, silahkan simpan tamplat agan.
Sekedar info saja gan, tidak semua orang berhasil menghapus double posting dengan menggunankan cara diatas, terutama yang menggunakan dasbor tampilan terbaru. Biasanya saat menyimpan akan terjadi error dengan menyebutkan kode yang harus dilaporkan kepada tim bloger. Jangan khawatir gan, kalo tim dari bloger bohong tar laporin polisi aja gan,,, hehehe. Ok serius dah gan, jadi begini apabila saat menyimpan terjadi galat/eror dengan pesan harus melaporkan ke tim bloger atau halaman HTML tidak valid, maka agan rubah dulu tampilan blog agan ke tampilan yang lama.

Nah, setelah agan merubah tampilan menjadi tampilan klasik ulangi cara diatas tanpa ada yang terlewatkan. Apabila semua step telah dilakukan, maka tinggalah agan melakukan save pada tamplate agan, Bila muncul peringatan tentang perintah untuk mempertahankan widget atau menghapus widget pilih yang hapus saja.
Demikian info dan trik yang dapat saya bagikan, kurang lebihnya ane mohon maaf,,, :)


Baca juga :
Cara Mengetahu Peringkat Situs
Ciri Backlink Berkualitas
Software Presentasi Alternatif



5 komentar:

  1. thankssss.......dah cri dari pagi caranya ga ktemu2...setelah masuk blog kamu, blog saya dah ga double post lgi...neomu kamsahamnida......

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga membantu n selamat berkarya.







      telat balas, :)

      Hapus
  2. HTML saya berbeda dgn yg ada di contoh, HTML saya itu seperti ini:

    < /b:includable>
    < /b:widget>
    < b:widget id='Blog2' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'>
    < b: includable id='nextprev'>

    kalo HTMLnya seperti ini, bagaimana menghilangkan double postnya? terima kasih.

    BalasHapus
  3. Saya juga sudah mengubah tampilan blog menjadi klasik, tapi tetep gk bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diganti templetenya ke templete standar sederhana bawaanya blogger, setelah itu masuk editor template lagi, dan ulangi langkah2nya. semoga berhasil... :-)

      Hapus